Langsung ke konten utama

Pelaksanaan ANBK 2022 di M.I Nurul Falah, Terpantau Lancar...

Jakarta, Yayasan Cahaya Kemenangan - MI Nurul Falah menyelenggarakan ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer).

Alhamdulillah, Pelaksanaan ANBK tahun 2022 secara Online di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Falah lancar tanpa ada kendala, baik itu kendala jaringan maupun sarana laptop. Murid-murid yang mengikuti ANBK pun tampak begitu fokus dan tepat waktu dalam menyelesaikan soal.

Peserta ANBK diikuti oleh 7 murid dari Kelas 5, yang dilaksanakan dari tanggal 24 s.d 25 Oktober 2022, di Ruang Kelas MI Nurul Falah.


 

Pelaksanaan ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer) ini merupakan salah satu program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbud-Ristek RI). Tujuan kegiatan ini untuk mengetahui sejauh mana penilaian terhadap mutu pendidikan di setiap sekolah.

ANBK merupakan kebijakan baru yang dulu kita kenal dengan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Perbedaanya adalah apabila peserta yang mengikuti UNBK adalah Murid pada kelas akhir, maka pada ANBK pesertanya adalah Murid setingkat dibawahnya (Kelas 5).

  

Asesmen Nasional bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran yang dilaksanakan sekolah/Madrasah dengan melihat kemampuan Murid.

Asesmen Nasional menyasar pada tiga kategori penilaian, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang dirancang untuk mengukur capaian peserta didik dari hasil belajar kognitif, yaitu literasi dan numerasi.




(AZH/MTI-YCK)